Sabtu, 22 Oktober 2011

7 Tips Sehat ala Rasulullah Saw.

1. SELALU BANGUN SHUBUH

Rasulullah Saw. selalu menganjurkan umatnya untuk bangun sebelum shubuh untuk melaksanakan shalat sunnah hingga datangnya waktu shalat fardhu shubuh, baik secara sendirian dan lebih afdhal secara berjama'ah. Hal ini mengandung hikmah yang dalam, antara lain :
- Pahala yang berlipat ganda dari Allah Swt.
- Kesegaran udara shubuh sangat bagus untuk kesehatan
- Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.
Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda : "Sungguh dua raka'at (sebelum shubuh) itu lebih aku cintai dari pada seluruh dunia" (HR.Muslim).


2. MENJAGA KEBERSIHAN
Rasulullah Saw. senantiasa dalam keadaan bersih dan rapi, setiap hari Kamis atau Jum'at beliau selalu membersihkan rambut-rambut halus yang ada di pipinya, selalu memotong kuku, bersisir dan berminyak wangi. Beliau bersabda : "Mandi pada hari Jum'at adalah wajib bagi setiap orang dewasa, demikian pula menggosok gigi dan berharum-haruman" (HR.Muslim).

3. TIDAK BANYAK MAKAN
Rasulullah Saw. bersabda : "Kami adalah suatu kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak/tidak sampai kekenyangan" (Mutafaq alaih).
Dalam hadits lain Rasulullah Saw. menerangkan bahwa dalam tubuh manusia ada 3 (tiga) ruang untuk 3 (tiga) hal pula, yaitu : 
- Sepertiga untuk udara
- Sepertiga untuk air
- Sepertiga untuk makanan
Bahkan ada satu tarbiyah khusus bagi umat Islam, bahwa dengan adanya Ibadah Puasa Ramadhan akan menyeimbangkan kesehatan. Sabda Rasulullah Saw. "Ber-puasa-lah, niscaya kamu akan sehat"  

4. GEMAR BERJALAN KAKI
Rasulullah Saw. selalu berjalan kaki jika ke Masjid, Pasar, Medan Jihad atau mengunjungi rumah sahabat dan sebagainya. Dengan berjalan kaki keringat akan mengalir, pori-pori akan terbuka dan peredaran darah akan lancar. Ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, stroke dan penyakit lainnya.

5. TIDAK PEMARAH
Nasehat Rasulullah Saw. : "Jangan marah" kata-kata ini diulang sampai 3 kali. Hal ini menunjukan hakikat kesehatan dan kekuatan muslim bukanlah terletak pada jasad belaka, akan tetapi lebih dilandasi oleh kebersihan jiwa. Dalam sebuah hadits Rasulullah memberikan cara yang tepat untuk menahan marah :
- Mengubah posisi tubuh ketika marah, jika berdiri rubah ke posisi duduk 
   dan bila duduk rubah ke posisi berbaring.
- Membaca ta'awwudz, karena marah itu dari syaithan.
- Segera berwudhu'
- Shalat 2 raka'at untuk meraih ketenangan dan menghilangkan 
   kegundahan hati. 

6. TIDAK BERPUTUS ASA DAN SELALU OPTIMIS
Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa, sehingga tetap sabar, istiqamah dan bekerja keras serta tawakkal hanya kepada Allah Swt. Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw. memotivasi kita untuk selalu berusaha dan berharap : "berusahalah untuk dunia mu, seolah-olah engkau hidup selama-lamanya dan berusaha pulalah untuk akhirat mu seolah-olah engkau meninggal esok pagi"

7. MENJAUHI SIFAT IRI HATI
Untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa serta mentalitas, hendaklah menjauhi sifat iri hati sebagai tindakan preventif yang sangat tepat, agar jiwa selalu bersih dan tenang. 
Ya Allah, bersihkanlah hatiku dari sifat-sifat dan perilaku yang mazmumah dan hiasilah diriku dengan sifat-sifat mahmudah..Amien..!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar